-->

Friday, January 11, 2013

Cara Memasak Sushi - Makanan Jepang

Sushi adalah makanan khas jepang, seperti ditulis wikipedia yang ada dalam kutipan dibawah ini:
Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司?) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.[1] Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し?). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤?) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi (麹 koji?) atau ampas sake (糟 kasu?). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama). sumber: wikipedia-sushi

Nah Sekarang bagi yang ingin mencoba membuat sushi ada baiknya simak bahan-bahan masakan apa saja yang diperlukan untuk membuat sushi:

Bahan-bahan : 400 gr beras Jepang, 800 ml air, 1 sdt garam, 6 sdm gula pasir, 2 sdm cuka
Bahan Pelengkap sushi: 4 lbr nori (bahan makanan berupa lembaran terbuat dari rumput laut yang dikeringkan),  4 btr telur, buat dadar, 2 wortel, potong 1 x 1 x 8 cm, rebus, 2 Timun Jepang, dipotong-potong  kira-kira 1 x 1 x 8cm
Cara membuat Sushi:  Langkah pertama, Masak nasi sampai matang lalu sisihkan. Kemudian siapkan  mangkuk untuk mencampur air,garam,gula dan cuka, kemudian tambahkan nasi yg sudah matang, lalu diaduk sampai rata. Ambil selembar nori, tempatkan nasi di atas nori sampai rata, beri telur dadar yang digulung, timun wortel di salah satu sisi, setelah itu gulung dan padatkan.

Selamat Mencoba!
Cara Memasak Sushi - Makanan Jepang

Nah
Cara Memasak Sushi - Makanan Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

0 comments:

Post a Comment