-->

Sunday, February 3, 2013

Cara Buat Ketupat

intip dapur kali ini adalah mencoba menuliskan kembali apa yang telah dituliskan di resep masakan pandi yaitu cara Buat ketupat, mengintip cara memasak ketupat ini dituliskan kembali untuk lebih menyebarluaskan resep masakan yang menjadi ciri khas Indonesia yang sudah menjadi makanan simbol pada saat lebaran, sehingga mempermudah bagi ibu-ibu muda yang baru mendapat tugas sebagai ibu rumah tangga yang diharuskan untuk memasak pada hari raya sementara pembantu sedang pulang kampung, mudah-mudahan tulisan cara buat ketupat ini berguna.
cara buat ketupat
Ketupat (img=wikipedia)

Berikut ini adalah Proses Pembuatan Ketupat
  • yang pertama Pilih beras dengan mutu baik, kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Rendam beras selama 3 jam dengan air bersih. Angkat, tiriskan, campur sedikit dengan kapur sirih. Jika beras yang dicuci kurang bersih, ketupat akan mudah berbau dan tidak tahan lama.
  • Pilih pembungkus ketupat dengan anyamannya teratur dan rapat agar isi ketupat padat dan tampak putih bersih. ada baiknya jika anyaman di cek ulang.
  • Isi ketupat dua pertiga dari pembungkusnya dengan menggunakan sendok kecil, agar dapat diperkirakan.
  • Sewaktu direbus ketupat harus terendam dalam air mendidih. Jika air akan habis, segera tambah dengan air mendidih. Lama memasak ketupat sekitar 4 jam.
  • Setelah matang, angkat. Simpan ketupat sambil diangin-anginkan dengan cara digantungkan.
Selamat Mencoba
Cara Buat Ketupat

Nah
Cara Buat Ketupat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

0 comments:

Post a Comment